SONY Projektor VPL-ES2: Lamp/Cover Error

Posted on December 21, 2009. Filed under: Hardware |

Memiliki fiture yang banyak dengan teknologi yang bagus. Dilengkapi dengan signal processing degan demikian dapat menangkap baik input data dan video. Adanya automatic setup, mempermudah operator untuk memfokuskan objek presentasinya.

Untuk Spesifikasi dan informasi dapat diperoleh di http://www.aboutprojectors.com/Sony-VPL-ES2-projector.html atau di http://www.sony.net. Untuk yang terakhir mungkin tidak didapatkan karena produk ini sudah berhenti diproduksi.

img Nah, dianya tidak datang dengan orang yang punya. Tapi Om Bobo sendiri yang mengambilnya bersama-sama teman. Sampai tempat, projektor langsung di bungkus dan di bawa ke tempat Om Bobo. Gak berat sih…

Gejala yang di katakan si empunya: hidup tetapi tidak lebih dari 2 menit mati sendiri. Ini dia kesalahan Om Bobo……tidak di coba di tempat si empunya! GPP sih……

Nah sampai di rumah, langsung di hidupkan. Bisa. Di tembok tertulis autodetect source video. Pasti bisa nih……dan di tunggu sampai 2 menit….eeeee belum 2 menit projektor seperti masuk idle bukan mati. Patut di perhatikan nih….Benar juga, lampu indikator pada bagian LAMP/COVER kelap kelip. Penyebabnya apa? Yapzzzz Googling, cari manual book Sony VPL-ES2. Akhirnya dapat. Penyebabnya: lampu sudah saatnya diganti karena uzur, lampu terlalu panas dan cover lampu tidak di baut dengan semestinya.

  • Lampu sudah uzur. Dilihat masa baktinya projektor ini sudah 4 tahun. Tapi kata si empunya, setelah tak sms, belum pernah ada konfirmasi bahwa lampu harus diganti. Atau konfirmasinya, kelewatan ya?

    Masih layak di cek lagi………

  • Lampu terlalu panas. Nah yang ini , bener-bener diperhatikan. Bagaimana cara mengangkat, melepas dan mengembalikan lagi. Karena baru kali ini projektor mampir ke Om Bobo. Setelah diperhatikan dan hanya mengambil satu baut di luar dan 2 baut di dalam, diangkatlah lampu. Dibersihkan dan di coba lagi. Hasilnya: GAGAL. Jadi bukan karena panas karena diperhatikan perbedaan panas setelah dan sebelum diangkat “kayaknya” dinginan setelah diangkat.
  • Lamp cover kurang pas. Nah loh, apa aku kurang kuat untuk mengikatnya? Bukan karena ini.
  • Akhirnya ku teliti ulang. Dan tiba-tiba Om Bobo tertuju pada bagian bawah projektor. Di bolak-balik ada sesuatu yang terlepas dan ada tongkat yang ikut keluar masuk di bagian bawah projektor. Setelah di teliti ternyata tongkat ini adalah tombol Adjuster untuk mereset projektor. Baca manual lagi. Herannya….harusnya tombol ini tidak keluar masuk begitu saja tetapi harus ikut mekanisme hidup mati projektor dan tombol Tilt di bagian atas projektor. Kenapa? Di putar-putar sudah gak bener….wah ini pernah di bongkar sendiri atau di service sendiri gagal.

    Fungsinya? Menurut manual lagi, fungsi tombol ini adalah hanya digunakan pada saat emergency saja, semacam tombol reset dan untuk mengatur buka tutup lensa projektor. Bongkar………………………….Setelah dibongkar lalu dihidupkan dengan mengupayakan posisi penutup lensa tidak menutupi lensa. Di tunggu, ditungu, ditunggu……lebih dari 2 menit!!!!!!! Jadi? yupzzzzz yang membuat projektor menuju mode Lamp/Cover blink ternyata kerusakan pada penutup lensa melalui mekanisme rusaknya tombol reset. Sekarang hanya perlu memodifikasi supaya projektor tetap mengira penutup lensa bekerja dengan semestinya dengan cara di tahan dan diusahakan tombol reset tidak menyentuh sensor buka tutup penutup lensa. Kenapa tidak dibongkar dan diperbaiki? Membongkar penutup sama saja membongkar keseluruhan, dimana spare part belum tentu ada (discontinued product). Selain itu, setelah diteliti lagi, banyak gerigi pemutar yang rontok. Tak slah kan dengan modifikasi.

    Akhirnya….malam itu PES Gaming Community Bumijo main PES 09 menggunakan projektor Sony VPL-ES2 modifikasi penutup lensa sambil menghormati tahum baru Hijriyah……….

About these ads

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

2 Responses to “SONY Projektor VPL-ES2: Lamp/Cover Error”

RSS Feed for Probo21's Blog Comments RSS Feed

proyektorq juga hidup bbrp saat lalu mati masih belum ketemu nih sebabnya … apa kira2 sama dgn om bobo alami ?

kalo bagian kaki pengangkat tidak berputar/respon dari lens tidak ada, sekiranya ganti lamp nya mas…


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: