Hardware Malfunction Parity Check

Banyak seputar masalah mengenai kejadian ini. Konfirmasi yang didapat pun beraneka ragam. Seperti:

Hardware Malfunction
NMI:Parity Check/Memory PArity Error
The system has halted

Kejadian ini tidak hanya menimpa laptop tetapi bisa juga mengenai desktop (PC). Penyebab pun beraneka ragam. Dari power suply yang kurang memadai sampai umur dari hardware itu sendiri. Kejadian ini dapat terjadi jika terdapat sebuah atau beberapa komponen yang tidak bekerja semestinya atau terdapat kerusakan atau ketidaksesuaian hardware dengan driver yang diinstal. Hardware dapat bekerja dikarenakan mempunyai memori sendiri dan adanya controller dari board. Ketidak berfungsian hardware bisa di lihat dari beberapa segi seperti rusak/error, slot cacat, controller ataupun driver yang tidak sesuai.

Penanganan dari permasalahan tersebut dapat beragam. Dari pemeriksaan memori, pergantian kartu grafis, dan pergantian addon lain yang terpasang.

Dari kejadian tersebut sebetulnya tidak ada yang dapat kita lakukan selain mengganti hardware yang bermasalah. Tetapi jika ternyata pergantian itu mahal?Sebetulnya kejadian tersebut dapat didiagnosa secara perlahan dengan metode trial error. Masuk ke mode safe mode dan disabled controller hardware tertentu pada device manager, setelah itu restart dan masuk windows serta di lihat perkembangannya. Hal ini dilakukan secara bertahap dari controller HDD secondary, network, modem, bluetooth, dan sebagainya sehingga dapat didiagnosa bagian hardware atau controller mana yang membuat masalah tersebut. Hanya saja jika ternyata yang membuat masalah terletak pada controller chipset (rusak/error board, ketidaksesuaian driver, OS tidak sesuai) maka dapat dipastikan performa komputer tidak sesuai yang diharapkan. Dan jika ternyata mengenai controller network, dipastikan pengguna tidak dapat terkoneksi dengan dunia luar. Jadi sebetulnya kerusakan belum tentu pada hardware. Sekarang tinggal dipilih, mengganti atau menggunakan dengan keterbatasan performa dan kegunaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s