Compaq CQ40

Sebuah laptop yang menanjak penjualannya pada beberapa bulan terakhir menurut pengamatanku. Memang dilihat secara keseluruhan, modelnya monoton. Tapi bagus.

Hanya saja permasalahannya antara bios dan kenyataan tidaklah sama. Tertulis OS default berupa non non Vista. Tetapi jika kita langsung menginstallasi OS XP langsung tanpa adanya slip stream AHCI maka dipastikan tidak akan berlanjut prosesnya. File AHCI nya pun harus sesuai jika tidak, selesai installasi OS maka yang didapat hanya BSOD. Cara slip stream sudah banyak beredar. Silakan mencari dan membacanya. Kemudahan besar jika menggunakan nLite (nLiteos.com).

Setelah installasi OS XP selesai supaya semua hardware terinstal dengan ok, jalankan pertama kali driver MSUUA baru selanjutnya driver lainnya. Ada yang menyarankan downgrade bios supaya proses installasi dapat mengenali audionya. Penulis tidak merekomendasikan. Karena pada website resmi compaq tidak disediakan downgrade ataupun upgrade bios. Dengan cara slip stream MSUUA sudah bisa mengenali Audionya. Tinggal mencari driver lain yang diperlukan. Kesalahan terbesar Anda adalah tidak mencari sendiri perihal hardware Anda pada situs resminya dan pendapat orang lain…………………………………………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s