Fix Audio Compaq CQ40 Series (538TU)

Menginstall OS XP di Compaq CQ 40 series membutuhkan kesabaran. Dari tidak tersedianya driver yang sesuai sampai BSODnya installan OS XP. Pada menu BIOS tertera bahwa OS default adalah non Vista.

Banyak cara menginstall OS XP di laptop ini. Dengan slip stream AHCI ICH 7/8/9/10 dengan memakai nLite (nLiteos), XP Iso Builder, sampai cara-cara bagus seperti cara pembuatan XP Black Edition. Penulis belum mencoba memakai XP Black Ed untuk menginstall OS XP pada laptop Compaq CQ40 ini ataupun memakai USB Floppy (tekan F6 saat installasi).

Setelah berhasil menginstall OS XP, install biasa semua driver. Tidak harus berurutan tidak apa-apa. Masalah timbul saat mau install sound pada laptop ini. Banyak yang menyarankan downgrade bios, tapi jangan!!!! Apakah ke depannya tidak timbul masalah saat mau upgrade ke VISTA? itulah penyebabnya dan pertimbangannya. Selain itu, website resinya tidak menyediakan downgrade BIOS nya (kalo ada, penulis minta di kirimi linknya, harus dari Compaq/HP).

Kembali ke masalah sound. Unduh file ini http://www.ziddu.com/download/6235724/FixAudioCompaqCQ40.rar.html dan ekstraklah ke folder tertentu di C. Setelah itu, install hotfix kb888111xpsp2, biasanya sudah dibawakan serta dalam driver audio. Jika Windows menemukan hardware baru, tinggalkan saja jangan klik cancel atau next. Setelah itu install Audio seperti biasa dan jika meminta restart, pilih cancel saja. Masuk ke Device Manager dan klik kanan driver Modem dan updatelah ke tempat dimana driver di simpan. Kemudian copi semua isi folder dalam folder FixAudioCompaqCQ40 ke folder startup all user (opsi hiden files di tools menu harus aktif). Ingat! yang di copi file bukan foldernya. Setelah itu baru restart Windows.

Setelah logon lagi, windows akan menjalankan batch dari folder startup. Biarkan sampai selesai. Proses ini paling lama 1 menit. Audiopun bisa bekerja dengan OK. Pada OS XP, dalam Device Manager banyak yang tidak terinstall (sekitar 8 buah), ini wajar dan tidak menggangu kerja OS XP keseluruhan.

One thought on “Fix Audio Compaq CQ40 Series (538TU)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s