ACER 3270 Series Hang dan Stop Responding

Kelas Travelmate dengan spesifikasi (3273WXMi) Intel Core2Duo, 14.1″, Intel GMA950, 80 Gb HDD, DVDRW, 512 Mb RAM, WIFI< Bluetooth, LAN, Cardreader, Modem, no Cam. Di karenakan terinstall OS XP ori, pengerjaan keliahtannya hati2. Datang dengan keluhan ngehang dan stop responding. Dengan catatan: user sering (lupa sering atau tidak) merestore windows (terinstall NTI backup) dan terdapat partisi backup sebesar 3 Gb. 

Di hidupkan, tampak 3 user aktif dengan 1 user berpassword semuanya bertipe user admin. Dibiarkan beberapa saat, pads tidak berfungsi walaupun tombol fn+ F7 ditekan berulang. Diambil inisiatif untuk menscan dengan NOD32 update 21 Oktober 09 dan tertangkap beberapa virus Conflicker tetapi juga belum mengatasi. Conflicker adalah virus tipe worm yang menyerang komputer dengan basis sistem operasi Microsoft Windows cara menyerangnya dengan memanfaatkan kelemahan sistem operasi dan bergerak seperti sehingga komputer dengan mudah untuk dikendalikan. Lalu di uninstall semua aplikasi dan driver yang ada. Juga belum mengatasi.

Langkah terakhir adalah dengan me repair instalasi windows. Booting lewat CD/DVD dan pada opsi install lokasi pilih drive C (drive terinstall OS XP), biarkan sebentar untuk instalasi mencari OS sebelumnya. Jika ada terdapat pilihan repair. Maka pilih opsi ini jangan lewat opsi repair konsol windows. Di tunggu sekitar atau hampir sama dengan clean install waktunya. Setelah selesai meng-kopi file hilang atau korup, Windows siap logon.

Tetapi? Permintaan aktivasi Windows muncul, WPA aktif? Pertanyaan lanjut, bagaimana bisa logOn? Nah…caranya diakali sedikit (walaupun OS ORI tetapi perlu di akali juga). Booting lewat safe mode dan masuk sebagai Administrator (harus tahu password admin dulu, dalam keadaan ini, password admin tidak ada). Dan unduh file ini. Jalankan dalam keadaan Safe mode. Setelah selesai, restartlah komputer dan hasilnya….Logon ke desktop dari ke-3 user berhasil dengan tidak ada permintaan konfirmasi dari aktifasi windows dan windows menjadi normal kembali. Jadi, hang dan stop responding bisa dikarenakan system restore point yang jelek atau file restore point yang jelek dikarenakan virus atau bad hdd.

Sebenarnya apa sih keunggulan dan kerugian merestore?apa sih kerugiannya?
Kerugian akibat dari sering membuat restore point adalah kapasitas harddisk akan berkurang sangat besar bahkan bisa lebih besar dari space yang dipakai oleh windows XP, jika restore point yang digunakan kurang baik akan berdampak jelek pula, aplikasi terinstall setelah restore akan hilang kecuali data, proses scanning antivirus akan lebih lama dikarenakan ada antivirus tertentu yang menyecan system restore. Keuntungan dari system restore banyak lebih lagi jika user masih ingin mengembalikan data yang terhapus, kemudahan tanpa adanya install ulang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s