Irql Not Less Or Equal

Terjadi pada Compaq CQ40–416AU. Spesifikasinya: AMD Turion RM75, 1 Gb RAM, 320 Gb HDD, 14.1″, DVDRW, ATI Chipset, Wifi, LAN, Modem, Cam, CR. Laptop dengan spesifikasi OK dengan harga OK juga. Permasalahan yang datang pun OK juga. Setelah di pakai sekitar 1 minggu, restart sendiri dan tidak mau booting tanpa adanya konfirmasi apapun di layar. Oleh si punya di reinstall OS Vista tetapi gagal.

Setelah datang, di coba di tempatku. Gagal juga. Pikir punya pikir tak coba disable Power saving Card Reader, No beep error, no boot from LAN, No boot from floppy dan akhirnya berhasil. Tetapi dengan catatan, terlihat konfirmasi: IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL.

Sebenarnya apa sih IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL itu? Di sadur dari sini. Intinya: bahwa ada gangguan terhadap system windows baik secara software dan hardware seperti disebabkan jeleknya (cara dan driver terinstall) driver software, kegagalan membaca dan menulis dari memori, registry yang korup atau inkompatibilitas file DLL yang tidak bisa terrekoveri.

Jika kerusakan disebakan driver terinstall, boot dan pilih Last Known Good configuration lalu Restart, lebih jelasnya lihat di sini http://support.microsoft.com/kb/307852/. Dan jika berhasil logon, coba untuk reinstal dengan driver update sesuai dengan hardware yang ada. Jika kerusakan di sebabkan oleh memori, coba bersihkan memori. Dan setelah di coba gagal, coba untuk menggantinya dengan memori lain. Coba juga untuk melepas perangkat hardware tambahan dan boot lah dengan minimum hardware.

Pada kasus CQ40-416AU ini, di coba dengan mengupdate bios lewat USB flash disk (kapasitas 4 giga dan terformat fat32). Download bios referensi vendor langsung di sini dan rename bios name dari 30FBF52.FD ke 30FB.bin (berekstensi BIN). Dengan keadaan baterei terlepas dan power tidak terpasang, colokkan USB ke sembarang port USB. Tekan windows logo + B dan tahan. Colokkan power dan tunggu sampai indikator pad berubah baru lepas tombol windows + B tersebut. Tunggu bekerja dengan indikator lampu USB nyala berkedip-kedip. Jika berhasil, akan mati sendiri.

Hidupkan dan bios terbaru telah terpasang. Dan jangan lupa untuk men default semuanya sebelum di coba. Tetapi hal ini tiak membantu karena masalah utama IRQL_NO_LESS_OR_EQUAL yang ada, kayaknya disebabkan oleh memori itu sendiri. Moga membantu. Terimakasih pada

http://agniva-pckeeping.blogspot.com dan

http://forum.notebookreview.com untuk review dan cara mengupdate bios.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s