ALBATRON MCP51 Korup System32

Albatron merupakan salah satu board favorit saya. Dianya Ok dalam VGA onboard (pernah di ulas di Komputer Aktif, tapi hanya perbandingan chipset saja, edisi lupa, dan dianya menang di hampir semua aplikasi 3D dibandingkan chipset sekelasnya). Aplikasi game standar sampai Carbon masuk. Dengan dana minim, bisa mendapatkan system kompie OK. Kerusakan pada board ini (pengalaman) jarang. Hanya ada satu yang trouble dan fatal yaitu bios mati tetapi dikarenakan kipas processor tidak jalan dan temen ngasih pasta gigi (huahuahauahauauhahahuahuauahhahauhahuahuahau) bukan pasta processor. Untung bukan pasta mie ya….

Albatrom MCP51 bisa berupa soket 754 atau 939. Nah yang datang ini soket 754. Nih reviewnya:

CPU AMD K8, Chipset nVIDIA nForce4 C51G/MCP51G,FSB/Hyper Transport 800+ MHz, Memory 2*DDR333/400,Int. GFX Y (GeForce 6100 ), AGP N, PCI-E/PCI 1*PCI-Ex16,1*PCI-Ex1, USB 8USB 2.0/1.1 Ports (4 ports by optional cable), LAN 10/100 Mbps Realtek PHY LAN, Sound AC97 6 channel Audio, IDE 2 ATA133 Channels, RAID SATA RAID 0,1, Serial ATA 2 SATAII 3Gb/s Channels , IEEE 1394 N, BIOS Mirror N, Voice Genies N.

Kembali ke poko masalah. Spek yang dipunyainya; Sempron, 512+128 Mb RAM Apacer+Visipro, HDD 80 Gb Seagate PATA, CDR Samsung, PSU Standar. Di keluhkan bahwa suatu saat setelah menjalankan software Vitsoft Registry Fix, keesokan harinya kompie ngadat dan tertulis 

Missing or corrupted Directory \WINDOWS\SYSTEM32\CONFIG

Apakah karena dilakukan maintenance oleh software tersebut? Karena di sini masalahnya software itu di rekomendasikan oleh penulis maka ego main juga kan? Di jawab saya: di bawa dan tak cobanya.

Setelah di coba, memang benar bahwa setelah booting terdapat tulisan tersebut. Untuk melihat apa yang bermasalah saya pilih opsi Last Known Good Konfiguration dan Disable automatic restart on system failure. Terlihat bahwa yang bermasalah pada file system. Hal ini bisa dikarenakan virus, memori error, VGA error, sering mati paksa, listrik mati mendadak. Kerusakan file disebabkan paling besar oleh kerusakan memori. Memori bertanggungjawa terhadap proses write dan reading file.

Di coba sebagai berikut:

1. Masukkan CD Windows XP dan booting dari CD tersebut.
2. Pada saat muncul opsi R=Repair yang pertama, tekan tombol R.
– Tekan angka sesuai dengan lokasi instalasi Windows yang ingin diperbaiki yang sesuai.
– Biasanya #1
– Masukkan password administrator jika diperlukan.
3. Tulis: cd \windows\system32\config
4. Berikutnya tergantung di bagian mana letak terjadinya kerusakan
5. Tulis: ren (software) (nama software error) ATAU ren (system) (nama system error)
6. Atau jika terdapat bagian yang error:
– copy \windows\repair\system
– copy \windows\repair\software
– Keluarkan CD dan EXIT

Tetapi hal ini gagal.

Untuk memastikan saya coba untuk me-reinstall windows.

1. Boot dengan CD OS XP.

2. Masuk “Welcome To Setup“, didapat tulisan sebagai berikut:

This portion of the Setup program prepares Microsoft

Windows XP to run on your computer:

To setup Windows XP now, press ENTER.To repair a Windows XP installation using Recovery Console, press R.

To quit Setup without installing Windows XP, press F3.

3. Tekan Enter to start the Windows Setup. Jangan pilih “To repair a
Windows XP installation using the Recovery Console, press R”.

4. Terima License Agreement dan Windows akan mencari adanya Windows terdahulu.

5. Pilih installasi XP pada list tersedia dan tekan R untuk memulai perbaikan. Jika opsi R tidak ada, coba untuk merestart kompi dan ulangi langkah-langkahnya. Hal ini terjadi jika CD Windows XP yang digunakan merupakan CD Windows modifikasi.

6. Setup akan meng-kopi file yang diperluan dan meminta reboot.

7. Tunggu sampai selesai.

8. Kegagalan umum yang terjadai adalah pada proses pengkopian file windows dikarenakan virus, PSU jelek, RAM dan VGA error, CD installasi rusak dan CDRom error. Pada kasus ini, saat proses pengkopian file yang diperlukan, terjadi error prosesnya. Langkah yang diambil adalah: matikan proses installasi-ambil HDD dan scan virus atau cek HDD (CHKDSK cukup) di kompie lain.

Setelah selesai, ternyata HDD free virus dan sehat. Penulis melanjutkan dengan proses installasi lagi dan selalu gagal. Sebelumnya telah di cek hardware yang ada dan terlihat OK, RAM atau VGA tidak terlihat adanya pixel error. Digunakan metode 98 dan ME. Installasi melalui system lain yang hampir serupa. Sebetulnya XP (pengalaman lagi) jika di install di system berbeda (chipset intel ke VIA/NF/SiS) akan gagal dan terjadi BSOD. Kecuali dari NF/VIA/SiS ke chipset Intel (pengalaman lagi). Ghost? terlalu lama.

Setelah diisi OS dari Albatron lain dengan chipset MCP7 dan tanpa driver terinstall, dikembalikan ke system semula. Berhasil….Jadi apa yang rusak? Penulis akhirnya mengecek lagi memori dengan memindah tempat di slotnya. Setelah di ubah (awal DIMM I 128 diganti menjadi DIMM II diberi 128) dan di amati seksama di monitor..terjadi pixel error.  MEMORI BERTANGGUNGJAWAB TERHADAP KELELAHAN DAN KELAPARAN YANG TERJADI. Akhirnya di putuskan untuk me-reinstall lagi dengan menggunakan memori 512-nya. BERHASIL lancar!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s