SPEEDY TELKOM: Fix Limited or No Connectivity Error Message

Sekitar 2 minggu lalu, teman ngeluhkan kenapa koneksi speednya lama banget. Sedangkan ia berlangganan menggunakan paket pro dengan kuota 4 Gb. Dikatakan bahwa di situ terkonfirmasikan lan sedang berusaha mencari koneksi dengan modem speedy yang pada akhirnya terdapat tulisan 

  Limited or no connectivity: The connection has limited or no connectivity. You might be unable to access the Internet or some network resources

Setelah kulihat: tidak ada tanda adanya virus, kondisi OS dalam kondisi OK. Mau lihat kabel sampai terminal, males juga.

Tapi, apa sih makna konfirmasi Fif Limited or No Connectivity itu?

Terjadi jika kita menginstall OS XP SP2, dikatakan sebagai bugs pada OS XP SP2 sehingga akan mengalami gangguan koneksi ke internet atau lokal network dikarenakan kompie tidak bisa/susah dalam mencari IP address dalam network.

Apa yang harus di lakukan?

1. Unduh Microsoft patch KB884020 dan jalankan. Jika meminta restart, restrat kompie,

2. Unduh file registry berikut, SP2ConnectivityFix.RAR dan jalankan. Supaya efek bekerja, restartlah,

3. Jika belum berhasil, coba unduh WinsockFix.RAR berikut. Jalankan, terlebih dahulu Bakup registry jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Klik pada tombol Fix dan biarkan bekerja. Restart bila diperlukan.

4. Jika ternyata keadaaan tersebut hanya salah peringatan dan koneksi lokal baik-baik saja, lakukan langkah berikut untuk mendisable adanya peringatan itu:

a) Buka control panel-Network Connection-klik kanan Local Area Connection-Properties.

b) Hilangkan tanda centang pada General Tab : “Notify me when this connection has limited or no connectivity”.

c) OK dan tutup windows Network Connections.

Nah jika hal-hal tersebut kurang dapat membantu, langkah berikut dikerjakan:

1. Jika koneksi menggunakan modem broadband dan menggunakan router, pastikan dalam keadaan on. Dan masih tidak ada koneksi, coba untuk me-restart router dan windows.

2. Cek penataan kabel dan kondisi kabel serta hub.

3. Pastikan bahwa kartu network baik dalam konfigurasi dan driver. Mungkin dalam keadaan tertentu diperlukan untuk men-set kartu network menjadi 10Mbps atau Full Duplex.

4. Jika menggunakan firewall, pastikan bahwa firewall tidak mem-blok koneksi. Konfigurasi firewall dengan baik untuk menjamin tidak adanya pem-blok-kan koneksi oleh firewal.

5. Cek IP address dan pastikan benar.

Pada kasus di atas, setelah dijalankan hotfix dan file registry, tidak membantu. Begitu pula dengan menjalankan Winsock fix. Hari berikutnya di coba untuk mengganti kabel data USB dan kabel data telepon dengan yang baru. Tidak juga membantu. Akhirnya di coba pula untuk koneksi internet Telkomnet Instan. Jadi kabel langsung colok ke port modem laptop. HAsilnya?……….sama saja. Wah untung datang temen membawa laptop. Bisa sebagai pembanding. Di coba juga,…….hasilnya? Sama saja.

Akhirnya telepon Speedy. Setelah beberapa lama ( sekitar setengah jam) ngalor ngidul ngobrol dengan mB-mB di seberang dan mencoba apa yang dikatakan (sebetulnya dah di coba-kepingin kenalan aja), kita di suruh menunggu datangnya teknisi. Sekitar 2 harian kemudian, datanglah teknisi menge-cek. Ternyata, kabel port telkom bermasalah. Apa usaha kita di atas sia-sia? Tidak….Cek kerusakan dari yang terdekat baru terjauh, dari yang murah menuju ke mahal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s