Pro Evolution Soccer 2009 dan Gamming Access Community 2009

Suatu game olahraga dengan tingkat AI (Artificial Intellegency) bagus dari Konami atau di sini.

Di tempat penulis, game ini merupakan game terbaik dari game-game olahraga yang ada. Sebetulnya Gamming Access merupakan update dari PES 2009 dalam bentuk transfer pemain, badge, stadion, name dan sebagainya. Tingkat kesulitan Gamming Access lebih seru daripada PES 2009. Bagi pecinta game olahraga berstartegi, kebanyakan kalah dari pemain lain yang pintar dalam memainkan kecelapan pemain dalam PES 2009. Hanya sayangnya, menurut peenulis, terlalu berpusat pada liga Inggris dan Spanyol. Review dari PES 2009 dan Gamming Access dapat diperoleh di sini dan disini.

Tips dan trik dari para gamers dari pecinta PES dan Gamming access 2009 (PES Gamers Mania) di tempat penulis:

Wawan “The Mitro”

Suka mengandalkan sentuhan tombol R2 dan L2 bersamaan, kombinasi R1 dan kotak atau lingkaran. Lebih menyukai gaya permainan MU, Barca dan Madrid serta Milan. Strategi standar bawaan dengan modifikasi pada arah gerak, defence pemain. Arah permainan cenderung kick and rush serta counter attack. The Mitro kurang bisa berkonsentrasi. Jika menang akan banyak dan kalah juga akan banyak. Tergantung suasana hati, jika masih trouble dengan pacar, kelas ecek-ecek pun bisa menang melawannya.

Mas Budi “The Komandan”

Gaya permainan ortodok, kurang bisa memanipulasi pemain, strategi bisanya hanya berganti formasi dan formasi ini biasanya juga menempatkan satu bek sbagai DM. Prefer kearah MU, Madrid, Milan, Barca dan Chelsea. Suka memainkan L2 + R1/R2 sebagai strateginya. Musuh bebuyutan dari The Mitro. Jika main dengan The Mitro maka Milan, Madrid, Barca, MU di blacklist. Tombol paling di sukai R1+L1 setelah di ajari The Mitro dan kesenengan. Pada Mood Ok, The Komandan bisanya terlihat mengalah tetapi setelah beberapa pertandingan, The Komandan mulai menunjukkan tajinya.

Awek

Pemain dari UNY teman satu kampung juga. OK mainnya. Punya gaya sendiri tetapi dengan sedikit tekanan bisa kalah total. Gaya permainan Kick and Rush. Mengandalkan pemain depan yang jago lari dan terus lari sampai gawang lawan. Gaya sedikit tetapi jika lawan bergaya maka akan di balas dengan bergaya. Cenderung kurang stabil dan terpengaruh oleh perkataan dan gerak tubuh lawan.

Dharmanto

Pemain bagus dengan penuh startegi. Gaya permainan di pengaruhi oleh klub apa yang dimainkan dan bagaimana situasi permainan di lapangan. Tidak terlalu mengandalkan lari. Tetapi cenderung menunggu gerakan lawan.

Mas Bayu “The Metal Cops”

Senengnya selalu megang dan always Barca terus (Jadi reviewnya hanya tentang Barca). Barca forever katanya. Suka bermain sayap dengan menempatkan bek sayap agak masuk. Henry serta Messy sangat melebar. Tergantung siapa lawannya, bisa menunggu serangan atau membangun serangan dari belakang serta bisa juga counter attack. Membuat lawan suka berbuat kesalahan. Untuk pertandingan pertama, kayaknya semua bisa ngalahkan tetapi masuk kedua dan seterusnya….sulit. Mengamati pola lawan baru kemdian pada babak kedua di mainkan. Tapi..pemain berjiwa biru kurang suka dimainkan.

Yang Newbie

Ben7 (ok juga) dan banyak lagi

Probo “OM BOBO”

Yang ini tidak bisa bermain. Membuat gol-pun dalam satu pertandingan tidak bisa. Mengandalkan heading dan bermain sayap. Suka membuat maju bek sendiri dari sayap dan suka membuat terpancing bek lawan sampai depan sekali. Mengandalkan Juventus sebagai teamnya. Suka bermain offside trap, pressure, opponent side attack; tap 2x L1 + analog. Pemain favorite tidak ada. Jika Negara prefer Argentina. Pertandingan pasti dimenangkan lawan dengan kemenangan yang luar bisaanya. Tapi dengar pendapat lawannya: lebih baik tidak melawannya (The Mitro), hebat dalam strategi dan permainan pemain di lapangan serta mengandalkan kolektifitas team walaupun kalah lari dari lawan (The Komandan); ampuh (Dharmanto); masterre (Tri Polda); game me wis di neko-neko (Cah UNY); Bos-se (Ben7); menang tapi aku tetep nesu (Awek) dan sebagainya. JADI…………

Trik lain: L2 + analog maju mundur untuk mengontrol bola tik tak; L2 + dash untuk membiarkan bola lewat; segitiga memajukan kipper; X + lingkaran atau kotak untuk pressure tinggi; L2 + arah (kipper) untuk menangkap bola penalti. Trik lain adalah menunggu gerak lawan tapi supaya lawan tidak terkesan di tunggu, ganti pemain dengan cepat, oper bola sebelum lawan DATANG menjemput, usahakan arah bola searah gerak pemain (oper dan tendangan optimal) tetapi gagal jika pemain lawan sudah mengantisipasi gerakan; tendangan ke gawang di lakukan dari arah samping dan lepas tombol lari tepat sebelum bola di tending. Yag terpenting, bagaimanapun keadaan pemain, baik biru sampai merah, tetap bisa menang dengan catatan sering membuat tendangan ke gawang, jangan sia-siakan gol, dan pastinya masukkan ikon klub untuk bermain. Nah bagi yang kepingin game ni bermain dengan lancer, kayaknya butuh speks yang lumayan walaupun dengan VGA OB + memori 2 Gb mencukupi (AMD). Nih speks OM BOBO: Intel Core2Duo 4400, Intel DG31PR update bios 7 Juli 2009, VGA GF 8600 256Mb 128bit Extreme Digital Alliance, HDD 500 Gb Samsung, 80 Gb Hitachi, 80 Gb Seagate, PSU Extreme 500 Watt, Memori dual DDRII 667 Visipro, OS XP SP2. Partisi C 60 Gb dan sisa 17. Selamat bermain game PES 2009 dan Gamming Access Community 2009. Jika ada masukan di harapkan sebagai sharing.

PES GAMERS MANIA BUMIJO YOGYAKARTA

Wawan “The Mitro”, Mas Budi “The Komandan”, Probo “OM BOBO”, Awek “The Cundhux”, Beni Ben7

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s