Memilih Antivirus yang Baik dan tepat Sasaran

Banyak yang mempertanyakan: bagaiamna antivirus yang baik dan apa itu, mana yang update dan proses scanning terbaik, lebih bagus mana di deep freezee atau di kasih antivirus atau keduanya?

Nah menurut penulis dan pengalamananya begini: Antivirus merupakan suatu software untuk membantu pemakai mengantisipasi malware baik berupa worm, Trojan dan sebagainya yang dapat mengakibatkan terganggunya system atau rusak/hilangnya file-file pemilik kompie.

Sedang Wikipedia mengatakan kayak ini: Antivirus (atau anti-virus) software digunakan untuk mencegah, mendeteksi dan menghilangkan malware, termasuk virus komputer, worms, dan trojan horses. Program ini juga dapat mencegah dan menghapus adware, spyware, dan bentuk malware lainnya.

Nah menurt definisi itu, ketapi harus bijak dalam menentukan antivirus apa yang digunakan. Apakah workstation, home, bisnis atau lainnya. Untuk beda masing-masing sila googling aja.

Menurut penulis, antivirus bagus itu:

  1. Mampu mendeteksi keberadaan virus dan variannya dengan baik walaupun sekedar pemberitahuan dikarenakan antivirus belum bisa untuk menghapus atau mengkarantina virus. Sehingga kita mempunyai kesempatan untuk mengupdate databasenya,
  2. Jika terserang virus, proses antivirus tidak dimatikan oleh proses virus,
  3. Proses scanning antivirus tidaklah memberatkan system secara keseluruhan,
  4. Proses update atau file update dapat diperoleh dengan mudah walaupun waktu pengunduhan file update lama,
  5. Jarang melakukan proses pendeteksian positif palsu (kecuali file-file patch, crack dan teman-temannya, dimana hampir semua antivirus mendeteksi sebagai virus)
  6. Walaupun sudah kadaluwarsa (1 bulan lebih database antivirusnya), antivirus masih cukup baik mendeteksi virus
  7. Jika terserang virus dan kompie belum ada antivirus, saat proses peng-installan antivirus, installasi bisa berlangsung sampai selesai,
  8. Interface mudah, baik dalam penggunaan scan manual atau otomatik

Itu dia sekiranya kriteria antivirus yang baik (pengoperasian, kehandalan, stabilitas, update) menurut penulis.

Menurut Wiki lagi begini: Deep FreezeFaronics, merupakan sebuah aplikasi yang berbasis system operasi Microsoft Windows, Mac OS X, dan SUSE Linux operating systems dimana system administrators diijinkan untuk melindungi dari core operating system dan konfigurasi filenya dalam workstation atau server dengan me-restore komputer kembali ke konfigurasi awalnya  setiap kali komputer restart. Jadi Deepfreeze bukan merukan suatu antivirus, worm, Trojan dan sebagainya. Deepfreeze berfungsi menjaga keadaan state dari suatu kompie atau laptop. Maksud state adalah bahwa perubahan apapun yang dilakukan terhadap kompi baik install driver, hapus rename dan format dari drive yang di freeze maka dengan mudahnya system akan kembali seperti sediakala, sebelum dilakukan perubahan, setelah kompie di restart. Freeze bisa dilakukan pada drive C atau semua drive sesuai kesukaan. Bagi pecinta game dan mobile, deepfreeze mungkin bukan sebagai suatu alternative pengganti antivirus. Tetapi bayangkan jika suatu saat kita mau menginstall software, otomatis deepfreeze kita disable untuk beberapa restart sesuai kebutuhan, dan software ini pembawa virus, akankah kompie aman dari virus juga setelah di DeepFreeze? Tetapi semuanya bgus asal bijak dalam pengelolaan file dan maintenance system opersinya.

Antivirus seperti antibiotik bagi penyakit infeksi, AINS bagi penurun panas, antihistamin untuk alergi dan sebagainya……….

2 thoughts on “Memilih Antivirus yang Baik dan tepat Sasaran

  1. NOD32 masih tetap bertahan mas . . .
    Sejauh ini masih pain-pain aja
    Byon-ku kemarin tersetting manual tho mas?
    okelah kalau beg beg begitu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s