File AVI membuat Crash Explorer

Lagi asik main Guitar Hero 3: Legends Of Rock, datang teman dari kampus UPN. Waduh, gimana nih lagi asik mau ngalahkan Tom Morello je. Walaupun medium dan pake keyboard standar, GH3 asik untuk dimainkan. Sambil angguk-angguk, tidur tengkurap….wuih pas banget. Gak bosan-bosan dimainkan berulang kali + update lagu tentunya. Namanya Clan AHFI, seperti biasa ngidupkan Toshibanya, dengerin musik sambil internetan pake im2. Yah.. biarkan, kan sudah biasa mampir.

Eeeee tak berselang lama, dari belakang da suara…” doc….., kadose setiap kulo mbikak folder sing wonten video klip ipun, explorer langsung nutup piyambak. Kenging nopo nggeh?’ (Artinya: doc….setiap saya membuka folder yang ada file videonya, explorer jadi restart sendiri. Kenapa ya?). Maklum…….dokter….hehehehehe.

Ok lah, terpaksa kulihat. Benar juga. Setiap ku buka folder dengan file video di dalamnya, pasti explorer crash. Kuperhatikan di dalamnya hanya ada file avi. Kenapa ya. Pertama kucoba lagi….hasilnya sama. Lalu dengan cepat folder viewnya ku ganti detail tapi masih kalah cepat. Nah akhirnya ku buka lewat JetAudio,…dan berhasil. Tapi masak harus kayak ini?

Apanya yang error ya? Nah akhirnya kulihat codecs apa saja yang tertanam di laptopnya di Microsoft Info. Gak da masalah. Tak tanya dianya make codec apa, dijawab KLite seri 3. Gak masalah juga. Akhirnya ku install CCCP, DiVX dan XViD. Berhasil juga. Tau rahasianya? Kompieku tak install CCCP, MSFN Codec, XVID dan DIVX dan file dari AHFI Clan di tempatku tidak bermasalah. Jadi? mengapa AVI bisa membuat crash explorer?

Crash explorer biasanya terjadi jika windows berusaha untuk mempreview file klip video dengan ukuran besar, kurang lengkap index video saat diunduh atau menggunakan codec yang tidak terdukung oleh codec kita. Hal ini bisa memperlambat kompie walaupun sedikit. Jika kita mau menghapus, merename atau memindahkan file ini, akan terjadi error.

Sederhananya, kerjakan langkah berikut atau baca di sini:

  1. Buka command windows
  2. Ketik: regsvr32 /u shimgvw.dll untuk menghilangkan/ tidak menampilkan preview dari klip video
  3. Sedangkan untuk mengembalikan, ketik: regsvr32 shimgvw.dll
  4. Untuk menghilangkan preview media, ketik: regsvr32 /u shmedia.dll
  5. Sedangkan untuk mengembalikannya lagi, ketik: regsvr32 shmedia.dll

Hal ini pernah Om Bobo lakukan dan berhasil pada laptop Ahfi Clan. Tetapi, jika Ahfi Clan meminta tetap ada previewnya? Coba cara pertama: install codec yang sesuai dengan codec yang ada pada klip yang dipunyai

One thought on “File AVI membuat Crash Explorer

  1. permasalahan sama dengan saya, masuk command promt sudah saya coba tapi hasil tetap saja restrat explorer.
    ini terjadi setelah saya instal bebrapa software movies seperti open subtitle player, trus uninstall real player dan codec player, a hasil akhirnya beberapa file youtube flv di folder tidak terlihat previewnya. jadi setiap mao buka video harus pilih aplikasi dulu.
    iseng-iseng akhirnya saya buka propertie satu video flv dan masuk change, tus saya pilih program media player tus saya apply..
    hasilnya ….setelah buka folder video tsb..sudah tidak restrart lagi si explorer…..selamat mencoba,, ini pengalaman sendiri mungkin bebrbeda ddg anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s