Seberapa perlu Clean Install dan Reinstall Windows

Clean install sebenarnya baik bagi suatu sistem dengan file sistem yang sudah sangat error, banyak file sistem hilang, drive C MFT error dan sudah tidak bisa diperbaiki. Sedangkan untuk NTLDR, corrup file pada windows atau system directory, windows melambat, konfigurasi error, kurang perlu dilakukan clean install.

Clean install dilakukan dengan memformat HDD baik keseluruhan atau hanya drive C saja. Password, username, bookmark, favorites dan setingan lainnya ikut terhapus jika kita tidak melakukan backup dahulu. Diperlukan waktu lagi untuk menginstall driver dan software-software yang sudah ada. Memang, jika kita menggunakan CD/DVD modifikasi OS XP yang sudah terintegrasi driver yang sesuai dan software yang diperlukan akan cepat selesai. Untuk sistem laptop dengan ram 1 Gb, Dual Core, HDD C sebesar 30 Gb/ lebih, DVD RW dan DVD OS OK maka akan selesai dalam jagka waktu sekitar 1.5 jam siap pake. Sebetulnya akhir waktu sama jika sistem rusak dikarenakan virus karena kita harus memastikan dahulu sistem bersih dari virus sebelum dilakukan clean install atau reinstall.

Reinstall dilakukan jika sistem cenderung hanya kehilangan/error file sistem. Tinggal mereparasi dengan opsi repair dari CD OS XP. Keseluruhan proses memang sama dengan clean install namun hanya tanpa adanya pengisian SN, user dan sebagainya, sedangkan waktunya cenderung lebih lama sedikit. Bookmark, password, pengaturan wifi dan lan masih bisa dipertahankan. Software tinggal di coba saja mana yang bermasalah dan mana yang tidak. Untuk software yang bermasalah tinggal di reinstall saja. Dengan reinstall, kita mendapatkan OS XP yang sama dengan clean install.

Namun adakalanya, reinstall juga gagal dan harus dilakukan clean install. Biasanya jika kita melakukan reinstall windows tanpa men-scan HDD baik dari virus ataupun kerusakan lainnya seperti bad sector. Reinstall baik untuk suatu instansi karena kita tidak perlu lagi untuk mengatur ulang lan/wifi supaya laptop dikenali dalam jaringan.

Clean install dan reinstall bagi Om Bobo disesuaikan dengan keadaan kompie yang datang dan perlu atau tidaknya………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s