SONY PCG691L

Ini post yang telat sebenarnya. Banyak mikir mau ngeluarkan tapi untuk pengalaman akhirnya diusahakan juga.

Datang sekitar jam 11 malam. Dengan tergesa-gesa dia meminta untuk dibangunkan aku. Saat itu memang ramai banget PES Community Bumijo Yogyakarta datang. Awalnya tidak ada yang mau dan berani sih…mereka tahu bahwa aku seharian pergi dan pulang sekitar Isya’.

Akhirnya Adekku The Mitro memberanikan diri membangunkanku. Sial sial sial sial pikirku…….Tapi gimana lagi: semboyan awal kan membantu………….

Akhirnya setelah cuci mata dan ngopi, ngobrollah kita. Katanya: minta tolong, besok mau ngumpulkan skripsinya sedang skripsinya baru selesai di edit serta tiba-tiba restart dan mau dihidupkan sudah terpassword. Bagaimana bisa? apakah gara-gara restart? atau lainnya?

Ok akhirnya tak minta untuk mengingat semua kata dan kalimat yang biasa digunakan untuk password bagi dia. Dah banyak password yang dikatakan…..tapi koq gagal semua? Barang apaan ini? Milik pribadi atau…..? hehehehehe …naluri curiga muncul nih. Malam datang dengan laptop terpassword dengan alasan kayaknya gak masuk akal. Jadi?

Perlu dibuktikan nih…..Tak minta sebutkan berapa partisi dan di folder mana skripsi diletakkan. Dia menjawabnya folder ini dan kayaknya ada C D E begitu dia menyebutnya bukan 2 atau 3 atau 4 partisi. Senyum juga dibuatnya. OK…tak bongkar HDD nya, langsung tak colokkan ke kompieku….semua PES Mania kecewa dan protes…kapok!!!! Setelah terdetek…kucari folder yang dimaksud dan jumlah partisinya. Betul betul betul. Jadi?

Mungkin password bios nih. Baterei lemah maka terpassword, begitu asumsiku. Kebetulan ada tombol reset dan baterei bios gampang untuk dicabut. Ku laksanakan kedua kegiatan itu dan kupasang kembali lalu kuhidupkan. Lho……koq? Masih terpassword? Apa ini?

Kucoba metode yang pernah kulakukan: short jumperkan kedua kutub baterei sambil dihidupkan…..GAGAL. Dilihat bios tidak berupa socket. Apa mungkin Power On Password? Kita menghidupkan harus dimulai dengan mengisi password? Tak tanya lagi passwordnya apa. Sama saja. Harus Googling nih….Pindah kamar untuk Googling dengan membiarkan PES Mania gembira di atas penderitaanku. ihik ihik ihik. Masuk web sana sini akhirnya di dapat password untuk power on tersebut di sertai penjelasannya. Beberapa password, disebut sebagai Backdoor password/password admin) yang digunakan antara lain: 

AWARD SW, AWARD_SW, Award SW, AWARD PW, _award, awkward, J64, j256, j262, j332, j322, 01322222, 589589, 589721, 595595, 598598, HLT, SER, SKY_FOX, aLLy, aLLY, Condo, CONCAT, TTPTHA, aPAf, HLT, KDD, ZBAAACA, ZAAADA, ZJAAADC

dan sebagainya. Tapi GAGAL juga (sambil nglirik jam, dah jam 3 lebih nih)

Akhirnya ku sarankan untuk ambil file saja, di print tempat teman dan laptop ditinggal. Besok di bantukan dibawa ke service center Sony. Karena tidak ada yang bisa dilakukan oleh Om Bobo dengan kondisi seperti ini dan dengan beberapa usaha yang telah dilakukan. Alhamdulillah………….Se7.

Nah, besoknya ku bawa ke toko langganan untuk dimintakan ke SC Sony. Dua hari kemudian ku dapat kabar. Bisa diselamatkan dengan menggunakan CD/DVD Recovery Sony tetapi indent. Indent? Jadi harus beli nih….harganya? Kalo Sony di jual = harga CD/DVD Recovery! Yang punya? Pasrah.

Jadi….berhati-hatilah menggunakan: Password On Power, Password Bios, Password HDD, Utilities bawaan Laptop yang bersifat menggunakan password, verifikasi password dalam bentuk sentuh, muka atau lainnya karena dampaknya…………merugikan (jika kita lupa, jika wajah/sentuhan berubah —- gak jadi romantis kali ya?, jika tangan jadi kasar dsb). Soal keamanan: HATI_HATI!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s