Unattended XP dan Modifikasinya bagian I Membuat Base System

Banyak teman yang bertanya mengenai bagaimana menginstall OS XP pada laptop seperti Compaq, Acer, Toshiba dan lain sebagainya. Karena, kebanyakan mereka pernah melakukan installasi OS XP dari CD/DVD di rental atau mendapatkan OS XP OEM tidak pernah berhasil dan mendapatkan layar mereka biru semua atau ada konfirmasi bahwa tidak ada HDD di sistem. Sedangkan mereka (kebanyakan yang mempunyai laptop Compaq) pernah masuk ke bios dan mendapati bahwa OS default adalah non Vista. Kenapa?

Nah begini: pada dasarnya, saat installasi OS XP, setup meminta driver dari mass storage (HDD), dalam hal ini seperti Intel, ATI-AMD dan NVidia mass storage, driver HDD VIA dan SiS biasanya langsung bisa terinstall OS XP. Nah driver HDD/mass storage ini biasa kita menyebutnya sebagai AHCI.

Untuk bisa menginstall laptop yang secara default hanya bisa dijalankan dalam mode AHCI, bisa dilakukan dengan beberapa cara:

  1. Lihat di setting bios apakah ada IDE (kompatible) atau AHCI (Native)konfigurasi. jika ada maka pilih IDE untuk mudahnya,
  2. Mempergunakan Floppy USB dan dipergunakan saat setup meminta user menekan tombol F6 pada awal setup. Floppy di format Fat/Fat32 dan di copy file AHCI yang sesuai untuk tipe chipset laptop. Hidupkan laptop dan booting lewat CD/DVD dengan USB Floppy telah tertancap di port USB (sembarang port) dan tekan F6 saat setup meminta driver untuk AHCI. Ikuti perintah setup.
  3. Banyak yang menganjurkan downgrade bios. Tetapi hal ini berisiko karena belum tentu bios update disediakan oleh masing-masing produsen. Carilah bios update hanya pada website resmi produsen karena terlalu riskan untuk dilakukan jika file bios yang kita dapat bukan berasal dari website produsen,
  4. Slipstream AHCI ke CD/DVD OS XP. Untuk panduan, bisa dilihat di MSFN forum. Register dahulu untuk mudahnya.

Tetapi jika belum faham terhadap cara 2, 3 dan 4, alangkah bijaksana untuk menginstall OS Vista atau OS Windows7 atau OS lainnya selagi belajar cara menginstall OS XP ke dalam laptop.

Keterbatasan dari installasi OS XP bagi laptop-laptop tersebut biasanya terletak pada kesulitan mendapatkan driver yang sesuai, driver tidak bekerja semestinya seperti audio tidak keluar, software aplikasi bawaan tidak mau terinstall.

Pastinya dah bosan membaca kan……….tapi sebelumnya baca Basmallah dulu dan persiapkan alat dan bahannya.

Nah..sebelum dimulai siapkan 1 bungkus rokok, 1 gelas kopi, snack kalo ada dan koneksi internet untuk mencari file yang diperlukan.

  1. CD OS XP retail atau OEM dengan serial numbernya
  2. DriverPacks Base kecuali driver packs mass storage atau driver hardware lain yang diperlukan, terekstrak
  3. NLite, terinstall
  4. AHCI sesuai chipset
  5. Software-software yang diperlukan dan NLite Addon
  6. Universal Silent Switch Finder, langsung ada pada WPI

Nah sebelumnya buat base di drive dengan kapasitas yang besar, minimal 9 Gb. Di sini penulis menggunakan drive E dengan sisa drive 85 Gb.

Buat folder seperti pada gambar, yang hanya perlu diperhatikan bahwa penambahan software sebaiknya mengingat akan kapasitas DVD yang hanya sebesar 4.2 Gb.

Base

TO BE CONTINUED ………

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s