AXIOO Zetta TEN 812PX: Haruskah lambat..?

Axioo yang datang kali ini baru berumur 1 tahun lebih 3 bulan. Juga sama Om Bobo belinya..di toko kesukaan Om Bobo…pada tau semua ya….promosi ni…milik teman UIN cewek…temennya manis lo…

Hehehehehe gini deh, spesifikasinya Axioo TEN 812PX temenku: Dual Core T2390, 1 Gb Ram, 120 Gb HDD, WLAN, LAN, Modem, Cam, DVDRW, GMA X3100, 13.3” LCD.

Axioo Sebetulnya di sms dahulu tapi gak tau…maklum masih bubuk. Nah pas di telepon…suaranya merdu (pa baru bangun ya?…) dan kayaknya habis nangis…..Mas….laptopku mati…tidak mau hidup…tak bawa ke sana ya sore ini…? OK ..nunggu cewek datang. Siapa yang gak mau?

Akhirnya yang ditunggu datang. Pas saat hujan reda. Dengan temannya..kok? yang gak manis? kecewa..kecewa..kecewa…Gak pa pa.

Singkat cerita..pake baju langsung nemui. Basa-basi…nakut-nakutin about her laptop…hehehehe….dan dihidupkan. Hidup !!!!! Jadi yang mati? Dianya bingung…tadi dihidupkan gak mau mas. Hanya warna hitam semua…. Dicoba booting lagi dengan seksama…..OALA mbak-mbak..dual OS to…satu OS XP dan satu Vista. Yang dienter yang atas (Early of windows..)..jelaslah…Eit tunggu dulu…kayaknya dulu tak partisi 2. Kok sekarang pake dual OS. Katanya lagi..diinstallkan temennya saat gak sempat ke tempat Om Bobo.

Kerja nih…tak minta ditinggal, sore atau kapan di ambil.

  1. Booting biasa dan masuk ke Vista. Benar lama juga. Startup terdiri dari AVG8 Free, Smadav, Ansav, WLAN, LAN, dan banyak lagi,
  2. Memakai Vista Black Ed dengan sisa (kaget bener nih…) drive C sekitar 1 Gb, sudah terpartisi lagi menjadi 3 dengan C hanya sekitar 20 Gb. Cukupkah untuk Vista + aplikasi lain?
  3. Kipas berisik banget dan terasa sangat panas di area output kipas

Dah, dibongkar juga akhirnya, setelah data-data penting diselamatkan. Axioo tuh, dibongkar abis, dilihat dalamannya. Bener juga banyak debu, kipas tertutup, ada beberapa baut yang kendor bahkan hampir lepas. Setelah selesai bongkar + bersih-bersih, dirakit kembali dan HDD di cek pakai kompie Om Bobo. Partisi  semua langsung Om Bobo resize memakai Acronis Disk Director. Lama juga sekitar 2 jam. Karena partisi E diubah ke 38 Gb, lalu D di ubah ke 38 Gb dan sisanya ke drive C. Kelar juga…..Setelah sholat maghrib dan ditunggu sebentar sampai selesai install OS Vistanya SP1 dari Axioo, Om Bobo tinggal dulu (software di install unattended) untuk me-refill HP21 dan HP22 temen (gak berani refill ya…gpp). Kenapa harus diintall, karena yang punya minta dan memang file sistem banyak yang hilang dan error..

Sampai tempat langsung dilihat dah jadi…tapi hanya satu driver yang belum: USB 2 Camera. Karena DVD driver tidak dibawakan, OL lagi……..ya dapat juga di Axioo worldnya…..Nah..lemotnya Axioo ini sebenarnya bukan dari Smadav, AVG, Ansav atau yang lainnya. Hanya bersifat pengaturan biasa dan ada beberapa driver yang belum terinstall dengan tambahan ruang sisa C kurang untuk mencukupi bagi proses pernafasan Vista-nya…..

2 thoughts on “AXIOO Zetta TEN 812PX: Haruskah lambat..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s