PIONER DVD-111DBK: Tidak mau membaca keping CD/DVD

     Sebetulnya datang dengan Axioo GL31. DVD ini tidak mau dipakai. Jika dimasukkan CD atau DVD baik data dan lainnya, DVD ini tidak membaca adanya kepingan di dalam traynya. Awalnya, lampu indikator menyala terus menandakan kepingan terbaca tetapi lama di tunggu tidak terbaca juga dan akhirnya lampu indikator mati.

Nah kerusakan seperti ini banyak faktornya. Bisa karena sering memakai kepingan kotor tidak dibersihkan, kepingan banyak goresan dan terlalu sering dipakai serta saat menutup pintu DVD dengan di dorong baik lemah atau keras. Hal pertama yang dilakukan adalah update FWnya. Bisa diunduh di sini atau di sini. Untuk spesifikasi jelasnya bisa dibaca di website ini. Setelah diunduh, Om Bobo langsung mengupdate FWnya sampai FW terbaru yaitu FW129EU. Kompie di restart dan dicoba untuk membaca lagi. Hasilnya gagal.

     Tahap kedua, DVD dibongkar dan dibersihkan optiknya dan dibetulkan lagi kabel-kabel yang melekat termasuk diperhatikan kabel flexinya. Jika dirasa sudah baik dan OK baru dipasangkan ke kompie baik melalui USB atau langsung ke kabel IDE. Setelah dicoba ternyata gagal juga. Akhirnya setelah dua kali bongkar dan dicobakan DVD/CD bersih, tetap gagal juga, Om Bobo menyerah dan diambil kesimpulan bahwa optik sudah saatnya untuk diganti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s