Printer HP D3940: Cartridge HP21 Reborn

       Kesulitan yang dialami oleh pengguna printer pada saat ini adalah bagaimana cara mengisi ulang tinta baik warna atau hitam. Kebanyakan bersifat desktruktif atau merusak seperti mencongkel, membuka tutup bagian atas, mengebor bagian atas untuk memasukkan tinta bahkan sampai ada yang membuka tutup cartridgenya.

3940

Kejadian ini dialami Printer HP D3940 temenku Mas Iwan UNY. Cartridgenya bolong semua. Di cobakan error juga. Dibersihkan cartridge dan carit (tempat dudukan cartridge pada printer) tidak membantu. Mau dipakai cara menutup beberapa titik di cartridge…yang memakai bukan Om Bobo…ya dah..akhirnya memainkan fungsi alur pada bagian atas cartridge.

        Nah keadaan ini sebetulnya bakal merugikan kita sendiri. Cartridge jadi tidak tahan lama dan dengan beberapa kali isi ulang sendiri (3-4x) cartridge error. Itu masih bisa diganti dengan membeli cartridge yang error, tetapi bagaimana jika carit-nya yang error? Printer pastinya harus diganti.

Bila diperhatikan, pada bagian atas cartridge terdapat alur-alur dimana alur ini mengarah pada lubang tempat tinta dimasukkan. Nah fungsi dari alur ini untuk menjaga tekanan antara luar dan dalam cartridge sehingga saat proses print bekerja, tinta mempunyai tekanan cukup untuk mendorong/menjatuhkan tinta ke luar. Apabila tekanan berkurang atau bertambah dengan selisih banyak, tinta akan meler (keluar dengan sendirinya) baik ke bawah atau ke atas.

        Jika keadaan ini tidak diketahui, akan mengakibatkan bagian chips basah. Nah proses pembersihan dari tinta inipun jika kurang berhati-hati akan mengakibatkan cartridge tidak dikenali oleh carit atau catridge rusak. Banyaknya proses pembersihan baik menggunakan tissue atau kain halus juga akan berpengaruh pada tegangan chips cartridge.

Om Bobo biasana melakukan pengisian secara sederhana yaitu:

  • Persiapkan tissue dan alkohol 60%,
  • Bila cartridge belum pernah di bongkar, tarik penutup dari atas dengan hati-hati dan selesai hanya jika lubang tempat tinta akan dimasukkan sudah kelihatan. Jika sudah terbuka, tinggal memberi plester/perekat.
  • Isikan tinta 1/3 dari isi cartridge atau 3 ml atau secukupnya (yang terpenting, jangan sampai lebih dari setengah). Cara mengetahuinya, dengan diperkirakan saat masih kosong dan penuh baru.
  • Lekatkan stiker seperti semula. Gosok-gosok sampai tertutup benar. Atau bisa juga ditambah plester hitam rekat dan digosok-gosok supaya rekatnya bertambah,
  • Jika ada tinta yang keluar, bersihkan dengan tissue kering dahulu baru tissue yang dikasih alkohol.
  • Tunggu kering alkohol dan pasangkan ke printer .
  •         Biasanya, sehabis tinta diisi, lampu indikator printer berkedip-kedip. Biarkan saja. Langsung dicobakan untuk test printer. Nah setelah test gagal, di dapat konfirmasi di layar monitor biasanya level ink atau salah satu cartridge tidak dikenali. Tekan saja tombol Resume 10 – 20 detik, tunggu sampai lampu indikator tidak berkedip-kedip lagi. Jika tidak berhasil, lakukan pembersihan lagi cartridge dengan tissue, pastikan carit tidak terdapat kotoran dan yang terpenting: tangan jangan sampai terlelu sering menyentuh chips di cartridge…. Jika hasil print kurang memuaskan, bisa dilakuakan Maintenance pada Properties printer dan gunakan tinta rekomendasi dari HP atau dari produk lain khusus untuk printer HP

    Semoga membantu……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s