CPU Ku Mati: Power, Board, RAM, VGA atau?

     Minggu kemarin, sekitar 3-5 CPU datang. Keluhan terbanyak (4 dari kelimanya) CPU mati. Terparah satu kepunyaan Mas Naskah UIN. Mati total hanya terdengar suara sirene mobil polisi terus menerus. Board built up Dell P4 dengan 128 + 64 SDRAM, 20 Gb HDD, S3 VGA. Setelah di lihat dan di coba, board + processor tinggal kenangan. Suara ini bisa dibedakan dengan matinya/ errornya memori. Diperhatikan bahwa board bekas di service dengan beberapa komponen (transistor dan resistor) telah diganti. Hal ini menandakan bahwa board pernah mati. Sedangkan matinya processor dikarenakan fan heatsink tidak berfungsi semestinya (terlalu lambat, bisa jadi dikarenakan BIOS error/ sensor panas processor error).

     Nah selanjutnya milik Mas Pepi tawa sutra. Punya dia, katanya, sangat sulit dihidupkan. Dibeli dengan TT tetapi TT 2nd sekitar 4 bulan yang lalu. Rusak setelah dipakai 2 bulan. Istirahat di kos 1 mingguan dan dibawa ke service 3 mingguan tanpa hasil (tetep sama). Spek Mas Pepi: AMD X2, Abit M2HD (driver, spesifikasi), HIS X800 (website, driver, spesifikasi 1, spesifikasi 2), memori A-Data Vitesta,, HDD 80 Gb, PSU standar, stabiliser standar. Nah saat di cobakan di tempat Om Bobo, lancar tidak ada masalah.

an-m2hd_top_140

Untuk mengetahui lebih lanjut dan untuk menghindari kesalahan dari casing, isi casing dikeluarkan. Di install clean di luar. Proses installasi sampai semua software, driver dan game selesai hampir 2.5 jam. Tidak terjadi apa-apa. Sekedar info, keadaan dalam casing bersih tanpa ada kotoran. Lalu proses install clean di cona lagi tetapi smuanya di masukkan ke dalam casing. Kejadian serupa juga dialami. CPU bekerja tanpa ada masalah, bahkan setelah untuk main PES 2010 selama satu jam penuh.

     Nah, proses clean install dilakukan lagi tetapi dengan stabiliser terpasang. Kejadian terulang lagi. Lancar tanpa masalah. Memori, VGA, HDD, Processor, Board di coba tempat lain juga OK. Jadi?

     Kemungkinan ini terjadi bisa dikarenakan kabel listrik yang dipakai tidak standar untuk daya listrik tertentu (kabel tipis untuk 1200 watt sangat tidak dianjurkan), colokan listrik terkelupas/ terbakar, stabiliser di tempat yang punya tidak bisa mengkompensasi perubahan listrik yang ada, sumber utama listrik dengan colokan stabiliser terlalu jauh (hambatan menjadi besar) dan listrik utama bocor (ground-kan). Untuk kemungkinan low tegangan baterei sudah di cek dan di ganti baru. BIOS sudah didownloadkan dari website resmi (tetapi tidak sesuai saat BIOS mau diupdate, tipe tertulis di board dan di website sama, kok bisa?).

     Jadi? bukan berarti menyalahkan listrik atau service yang menyamakan keluhan dengan permintaan konsumen….hanya saja, faktor penyebab kompie ngadat banyak sekali. Dari listrik utama sampai casing, bahkan debu dan jamur di board pun mempengaruhi). Bersihkan dahulu board, perhatikan listrik utama dan pengkabelannya baru masuk hardware dan software.

     Keluhan lagi terjadi pada VGA nya. Kenapa X800 HIS dengan fansink sangat besar untuk memainkan PES 2009 dan 2010 tidak bisa dipilih detail grafik medium atau high, sedangkan spesifikasi OK?ditanya pula, GF9500GT, X1550 sama X800 nya bagus mana? Nah kalo ini, kata yang punya, saat TT dahulu, penjual mengatakan bahwa VGA ini termasuk kelas Spesial Edition. Nah…dah tau jawabannya kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s