ACER 4736Z-421625Mn: Taskbar tidak muncul saat Logon

     Di bawa oleh Mas Agung UNY. Acer 4736Z-421625Mn ini mempunyai spesifikasi: P4 DC T4200 (2.00/1/800), 1 Gb DDR III, 14.1” LCD, 250 Gb HDD. Untuk Camera Chicony, touchpad Synaptics, WLAN Ralink 802.11n, card reader JMicron dan modem Agere, tanpa finger print. Mampir ke tempat Om Bobo sekitar jam 2 siang. Dan katanya terdapat beberapa virus yang mengganggu. Karena, setiap kali di scan memakai Smadav terbaru, tidak bisa terhapus. Apakah dikarenakan ini?

     Untuk perkiraan awal Om Bobo bisa jadi virus penyebabnya. Ok lah..Acer Om Bobo hidupkan. Tidak ada masalah saat booting. Saat mau logon memang agak lama. Di tunggu beberapa saat, Desktop dan taskbar tidak muncul. Benar juga ini. Masuk task manager dan new task, Om Bobo pilih explorer. Mau masuk dianya. Atau untuk bacaan lebih lengkapnya silakan buka ini atau di sini. Tampilan awal disuguhi ciri khas installasi XP modifikasi (kata Mas Agung, diinstall memakai XP kayak black edition), lalu terdapat konfirmasi btw error, explorer error. Jadi ada kemungkinan juga update windows dan themes yang membuat masalah OK lah, laptop harus di scan dahulu, dicoba reinstall driver. Tetapi si empunya minta install ulang. Bisa…
     Setelah discan memakai NOD update 2 Maret, memang terdapat beberapa (100 lebih) virut dan sality dan langsung di delete. Proses selanjutnya install OS XP. Proses installasi ada dua macam. Jika ingin meningkatkan performa, pilih AHCI di bios. Bios mempunyai pilihan HDD controller SATA dan IDE.
     Driver bawaan bisa masuk semua, kecuali WLAN walaupun di dalam CD bawaan sudah ada Atheros, Intel dan Ralink WLAN. Om Bobo update saja driver WLAN menggunakan unpack driver pack WLAN. Dan berhasil. Sebagai jaga-jaga, Di unduh pula driver WLAN dari Acer Indonesia. Setelah dicobakan, driver ini berhasil juga. Secara keseluruhan, prosesnya cepat dan tidak ada ke-error-an pada hardware seperti yang diperkirakan si empunya (sekarang lebih sering terjadi layar biru – Om Bobo perkirakan BSOD, katanya)….

Leave a comment