Compaq CQ40-717TU: driver WLAN bermasalah

     Nah kalo yang ini, CQ40-717TU datang ke tempat Om Bobo dalam kondisi baru. Sebelumnya Om Bobo dihubungi Mas Omed UII untuk menanyakan, mana yang sebaiknya diambil. Bingung juga…untuk harga pasti sesuai dengan barang…tidak mungkin lebih..ya dah Om Bobo sarankan ke arah HP510.

     Barang datang ke tempat Om Bobo sorean saat hujan lebat dan Om Bobo masih di tempat teman. Compaq ini baru dilihat setelah pulang dengan kondisi sudah masuk tas dan kardus hanya dibiarkan kehujanan di depan kamar Om Bobo….keren…Setelah dibenahi, dan dilihat ternyata yang CQ40-717TU. Ya sama juga. Seri baru dipasaran ….

     Setelah lihat bentuk dan sebagainya, hampir sama dengan HP510. Entah dengan drivernya. Driver terkopikan dari toko berisi lengkap kecuali Cyberlink You Cam. WLAN yang ada Broadcom.

     Langsung Om Bobo partisi dan install OS XP SP2. Semua driver masuk kecuali driver WLAN. Dan tidak bermasalah ketika dijalankan CCleaner. Datangnya duluan CQ40-324TU dengan masalah pada USB Modem IM2-nya.

     Dikarenakan driver terkopi Broadcom, Om Bobo mencoba semua driver BCM yang ada. Tetapi semuanya gagal termasuk driver WLAN Atheros dan Intel dicobakan semuanay. Om Bobo lihat di websitenya, disitu terdapat 3 driver: Intel, Atheros dan Broadcom (pada menu driver untuk Vista pada website Compaq). Setelah melihat besarnya file….Om Bobo mundur. Permasalahan ada di koneksi Om Bobo yang hanya memakai Smart modem chipset Qualcomm. Kalo sekitar 30an mb dan kondisi pagi apa sore..berani..ni malam je. Ya dah akhirnya googling, berharap ada yang menyediakan driver update-nya. Setelah beberapa saat mencari kepikir untuk ngintip sebenarnya chipset WLAN nya apa? Dilihat-lihat stiker garansi…AMAN..ya..dibongkar deh penutup WLAN nya yang terletak di samping HDD. Astaga…Atheros AR5B95. untuk Atheros itu sendiri, bias dilihat di sini.

     Pantesan…gagal terus..Akhirnya dicobakan dari driver WLAN Acer Aspire One. Otomatis update tidak memberikan hasil. Om Bobo buka file setup informasinya. Ada tuh AR5B95. Ya dah..akhirnya update manual dan berhasil. Tetapi dengan konfirmasi inkompatibitas hardware..gimana ini? Untuk lanjutnya mengenai inkompatibilitas hardware silahkan baca di sini. Lanjut…eee berhasil. Tetapi satu permasalahan utamanya. Lampu indicator pada tombol shortcut kuning, bukan biru. Berhasil tidak ya? Malam itu langsung cabut ke café terdekat untuk mencobanya. Lo lo..berhasil koneksi dan lancer. Apa indicator rusak? Apa diakrenakan inkompatibiltas hardware saja? Sesampai di kos, Om Bobo ambil inisiatif untuk install Vista. Mungkin diakrenakan ini juga. Lagi-lagi kejadian sama dialamai persis dengan XP. Hanya saja pada Vista, otomatis update mendeteksinya. Tetapi indicator tetap kuning bukan biru. Pada website Compaq tidak ada. Ya… dah..dingin, banyak kerjaan, lebih baik di bawa ke took minta driver selesai piker Om Bobo sekalian cek hardware (garansi)…

     Akhirnya, CQ40-717TU masuk toko lagi untuk minta driver dan dirawat inapkan untuk 1 harian. Setelah selesai dari toko dan indicator telah berubah biru(toko mengatakan bahwa indicator memang error), seperti sebelumnya, barang di clean install untuk memastikan bahwa driver yang diberi sudah benar…eeeee ternyata salah!!!! Driver tidak bekerja dengan semestinya dan indicator kembali kuning!!! Pada keadaan mumet, Om Bobo masuk lagi ke website Compaq bagian driver XP……eeeee sudah tersedia driver untuk XP nya!!! Hebat juga Compaq dalam urusan ini pikirku…unduh..unduh..dan unduh dan pasti bisa pikirku. Yups..unggu 30 menit lebih untuk mendapatkan harapan bisa terinstall ditemani Smart…Coba tebak…berhasil dan indicator ..BIRU!!!!!!….

     Om Bobo ambil kesimpulan sendiri akhirnya: untuk tipe tertentu, indicator bisa berubah warna dan juga tidak walaupun driver sudah sesuai (untuk error hardware, dikesampingkan dahulu), perlu adanya proses intip ke dalam laptop (untuk ini, harus sangat hati-hati) dan jangan memaksakan driver yang tidak sesuai…..tentunya sabar…makasih untuk Mas Omed dikarenakan sabarnya dengan OS XP….

20 thoughts on “Compaq CQ40-717TU: driver WLAN bermasalah

    1. pakai OS XP SP2 ter-nlite. Masukkan driver AHCI Controller. Unduh dari website Intel dan cari dengan kata kunci 32-bit Floppy Configuration Utility. Setelah itu, unduh NLite (cara slipstream sudah ada di wbsite NLite). Yang patut diperhatikan dalam menjalankan NLite: pilih hanya pada SATA AHCI x86(32 bit) jangan x64 (64 bit) dan jangan SATA RAID, baca petunjuk saat mau modifikasi driver/software dalam NLite supaya hasilnya memuaskan dan pilih make iso dahulu sebelum di bakar ke CD/DVD…moga membantu

  1. walah….
    mas ikutan komplain!!!
    ini LT tiap diinstal XP koq ngga mau ea???
    tak instal win 7 malah diem total
    wah jan ***** tenan tuku merk kuwi

    1. tuh LT memang gak bisa XP..kalo mau OS XP harus integrasi AHCI (ICH 9) ke CD/DVD XP atau make USB FDD. pake Win7/Vista “otomatis” driver sound terinstal jika tidak, garansikan saja sebab kemungkinan hardware sound error…hindari CCleaner dan registry cleaner lainnya untuk tipe ini.

    1. bisa OB ketahui device ID nya? cek di device manager. bagian detail dan lihat di hardware ID dan device instan ID. biar mempermudah untuk postingnya. Sekarang di web Compaq, HW sudah berbeda….Ni WLAN dan Sound yang di pakai OB di CQ40-717TU. Untuk Sound bisa pake cara devcon atau copy dulu ke ProgFiles dan install di sana. Jangan hapus/pindah driver sound yang ada di ProgFiles.

  2. Idemmm gan.., kasus diatas sama dengan kasus yg ane alami……kalau ane gini, wlan (Atheros)gak jalan, lampu indikator juga gak mau biru (orange terus), pakai os xp dan win7 sama saja. trus ane coba ganti wi-fi Broadcom dan intel proset malah tidak suport. pas dihidupkan muncul hardware/werelles network not suport. (jd kl diganti wi-fi card yg lain gak mau masuk windows)…. buat agan-agan mungkin ada yg pernah mengalami sama… & ada yg tau solusinya ?

    1. Idemmm gan.., kasus diatas sama dengan kasus yg ane alami……kalau ane gini, wlan (Atheros)gak jalan, lampu indikator juga gak mau biru (orange uterus), pakai os xp dan win7 sama saja. trus ane coba ganti wi-fi Broadcom dan intel proset malah tidak suport. pas dihidupkan muncul hardware/werelles network not suport. (jd kl diganti wi-fi card yg lain gak mau masuk windows)…. buat agan-agan mungkin ada yg pernah mengalami sama… & ada yg tau solusinya ?

    2. sebenarnya bisa…pakai Phoenix Bios Editor khusus Compaq. Cari bagian Whitlist dan edit lalu sesuaikan dengan hardware yang akan di pasang. terlalu beresiko. Coba unduh Sneaky DriverPacks khusus WLAN. Unpack dan bakar dalam 1 CD/DVD. selesai, pada bagian WLAN Adapter di update otomatis dengan driver terbakar sudah di dalam drive. untuk ukuran Sneaky driverpacks WLAN kecil. met nyoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s