HP Laserjet 6L: Paper Jam

Datang ke tempat Om Bobo bersamaan dengan CPU P3 Asus CUV4X dengan kerusakan PS2 Mouse. Printer Laserjet 6L ini, menurut yang punya, sekali pernah untuk ngeprint banyak dan tengah jalan beberapa kertas tertarik sekaligus dan tidak keluar semuanya.

LaserJet 6L

Printer langsung di hidupkan dan di cobakan pada OS XP. hal pertama yang tampak, kedua lampu (atas dan tengah menyala). Untuk mengetahui kesalahan, Om Bobo coba untuk print test. Hasilnya, paper jam.

Kejadian ini terjadi dikarenakan saat print, kertas masih setengah dan di tarik keluar dari arah depan. Untuk seri HP biasanya tinggal buka penutup belakang (seri D) dan tarik kertas ke arah belakang. Hal ini menimbulkan paper jam. Jika saat proses menarik terlalu keras, bisa menyebabkan kerusakan printer itu sendiri.

Langkah pertama yang Om Bobo lakukan adalah membuka penutup depan dan mengambil cartridge. Berhubung lubang masuk kertas kecil, kertas tidak bisa di ambil dari belakang. Pengunci roller dibuka (sebelah kiri cartridge) dan di tarik perlahan ke depan.

Lalu Om Bobo pasang kembali cartridge dengan benar (terdengar bunyi klik), pengunci roller dikembalikan dan penutup depan diyakinkan benar-benar tertutup. Bagian belakang (kertas masuk) diyakinkan bahwa tidak ada benda asing yang ada di dalamnya. Dan me-load beberapa kertas bersih (80 mg) untuk print test.

Hasilnya….smile_wink. Intinya: saat paper jam terjadi, jangan tarik kertas ke arah depan sebelum memastikan ada tidaknya pengunci, coba tekan tombol resume, matikan printer dan hidupkan kembali (biasanya langsung me-roller sendiri kertas yang masih sisa) dan tunggu beberapa menit/1 harian baru dihidupkan (sharing Mas Iwan UNY pada printer HP seri D).

Lebih jelasnya, silahkan baca HP Laser Jet Paper Jam.

Untuk CPU-nya sendiri, berdasarkan pengalaman Om Bobo, harus masuk SC. service pada jaman dahulu (5 tahunan yang lalu) berkisar 80-120rb di YK. Sedangkan menurut beberapa teman, cari transistor di sekitar port PS/2-nya yang error dan ganti dengan yang sama. Melihat perbandingan semuanya, Om Bobo hanya ngasih saran, beli USB Mouse/Keyboard atau ganti board P3 saja….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s