Sony PCG-5KFP (VGN-CR353): Data Hilang

Data hilang? Sesuatu yang menakutkan kita bukan? Tapi data yang mana dahulu? Menurut Om Bobo: data itu, file yang berekstensi dokumen (doc, docx, pdf dsb), gambar (bmp, jpg dsb), multimedia (avi, dat dsb) dan banyak lagi. Kalo safe-safe-an game?, installasi game? ini dia yang membuat Om Bobo pusing! Laptop ini:

Sony Vaio VGN-CR353yang punya temannya Mas Kiki UPN. Datang ke Om Bobo dikarenakan WLAN tidak mau jalan dan dilakukan restore dari DVD restore Sony-nya dan tidak mau tampil ke desktop dengan konfirmasi proses instalasi berjalan prematur, silakan lakukan proses installasi lagi. Bawaan Windows Vista Home. Untuk drivernya bisa di unduh Sony VGN-CR353 -Sony Australia.

Data ingin diselamatkan, tetapi permasalahannya, sinkronisasi antara data yang dimaksud Om Bobo dan orangnya tidak sama. Memang ada beberapa aplikasi (termasuk game) proses installasi hanya tinggal copy dan paste saja. Tapi pada keadaan ini? hehehe…smile_thinking……Semua program dan data di My Documents hilang setelah Om Bobo lihat menggunakan Hirens Boot CD. Setelah tarik ulur, Om Bobo hanya mengatakan, besok sore atau paginya tak konfirmasi.

Nah setelah dipikir masak, tak kerjakan full time sampai pagi. Proses pengambilan data, Om Bobo menggunakan Recover My Files pada kompie Om Bobo. Terlebih dahulu Om Bobo menggunakan Find And Mount untuk melihat apakah partisi dahulu bisa di mount apa tidak. Ternyata gagal. Yah berhasil juga…sekitar 6 Gb dapat diambil……

Sebenarnya Om Bobo kurang suka dengan yang namanya CD/DVD Recovery (walapun banyak sekali manfaatnya – jika pengerjaannya benar), partisi recovery. Lebih enak jika driver di copy ke CD/DVD tersendiri dan jika install ulang tinggal masukkan CD/DVD ini. Memang di dalam CD/DVD atau partisi recovery sudah terdapat OEM atas hardware kita dan itu sebagai kelebihan yang kita punyai…tapi sekali lagi, jika kita suka sesuatu (software dsb) belilah yang asli…dan gunakan CD/DVD atau partisi recovery dengan bijaksana….

Akhirnya, laptop ini Om Bobo install OS Win7 dan menghilangkan partisi recovery dengan menyarankan untuk membakar driver yang sudah Om Bobo persiapkan serta berpesan menjaga CD/DVD recovery jangan sampai rusak/hilang jika suatu saat diperlukan….

One thought on “Sony PCG-5KFP (VGN-CR353): Data Hilang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s