Toshiba A135 pSAD6U-01800D: Update Bios

Laptop ini tidak termasuk salah satu laptop yang di dukung oleh SC resmi Indonesia, tidak tahu mengapa. Datang di bawa oleh Mas Kiki UPN. Sampai tempat Om Bobo, dikatakan bahwa laptop ini mati total (tapi masih berpower). Pernah diservicekan dan didiagnosa board rusak/error.

A135 Spesifikasi dan drivernya ada Toshiba A135-S2326 Toshiba Amerika.

Setelah melihat sekelilingnya, agak ngeri juga, terdapat beberapa goresan dan lubang yang di buat (dari yang punya yang marah karena laptopnya rusak ataukah dari usaha service yang sulit mbongkar?)..

Sebelum proses bongkar, dihidupkan dulu Toshiba ini. Indikator prosessor, HDD dan CDROM tidak menyala/kelap-kelip dan tanpa suara beep sedikitpun serta tombol capslock pun tidak bisa. Pada layar monitor tidak ada respon video …yups.. langsung kepikiran untuk update bios. Dulu (Acer Aspire One, Compaq CQ40). (Tetapi bukan semuanya harus bios jika kejadiannya kayak itu)..smile_wink

Langsung Om Bobo bongkar. Terlihat bahwa baterei bios pernah di ganti, ada usaha destruktif di dalamnya. Tetapi yang membuat senang, kayaknya semua komponen masih OK. Masih dalam kondisi terbongkar, Om Bobo ganti processor, Memori bergantian dengan melepas modem, wifi. Hasilnya sama saja.

Ya dah..update bios. Tapi gimana? Untung setelah bergoogling ria, menemukan How to Reset Bios Toshiba – thanks.

Langsung Om Bobo unduh bios dari Toshiba Amerika dan diekstrak ke flash disk (makasih Mas Yudhi atas pinjeman USB ne). Sebelumnya, flashdisk di format memakai HP USB Disk Storage Format Tools 2.1.8 dengan memilih opsi Create A Dos Startup Disk, file system: fat32.

Langkah dan cara update bios ini, Om Bobo sesuaian dengan forum di atas (thanks again, dan silahkan baca selengkapnya untuk mengetahuinya …). Setelah menunggu beberapa proses yang ada (termasuk lampu flashdisk kelip-kelip – wuih seneng banget-) …. gak muncul-muncul tanda-tanda keberhasilannya. Waduh.

Di ulang lagi prosesnya, dan sama saja. Ya dah di tunggu sampai 10 menit-an mungkin. Sambil nunggu, Mafia War on Facebook on the play…Eeeeee lagi ngejob, dari belakang terdengar bunyi “tit” satu kali! Hohoho…Toshibanya hidup lagi…. So be sabar…

6 thoughts on “Toshiba A135 pSAD6U-01800D: Update Bios

  1. bro…, laptop gue sama jga kondisinya kayak yang dijabarin diatas, gue binggung mo service nya gmana ya ?? bsa kasi solusi tempat service ??

    1. YK di Computa atau bisa minta tolongkan ke toko di kenal supaya membawa ke SC. Dah di coba pakai external display (colokkan monitor ke port VGA) ? Bios error/korup biasanya ditandai dengan indikator cpslck atau CD/DVD berkelip dengan tanpa adanya panas di chipset atau processor yang berlebihan (bongkar dan hidupkan untuk mengetahuinya). Harus dibedakan dengan kerusakan VGA OB dan atau board

  2. bro mo nanya laptop aq Toshiba satellite A200 uda di instal windows 7 ultimate di batrey ada tulisan”plugged in,charging consider replacing your battery”apa windows7 gk suport ya ma A200 yg kluaran 2007.ato hrs update biosnya?.trus di device manager,mass storage controller & PCI memory Controler g suport,pdhal uda q instal drivernya tpi g suport trus….ats solusinya Tanks……

    1. coba make driver untuk windows 7/Vista. Unduh di Toshiba. yang tidak langsung terinstall: card reader realtek, modem conexant, toshiba assist, texas instruments driver, toshiba acpi, camera. install lengkap semua driver yang diunduh di toshiba (untuk windows7. Update bios jangan dilakukan jika laptop hanya kurang bisa deteksi langsung driver (resiko tinggi). untuk batereinya, setelah installasi 7 selesai, install toshiba power saver dan hotfix windows7 yang sesuai dengan toshiba power saver. mungkin ini membantu: http://www.csd.toshiba.com/cgi-bin/tais/support/jsp/modelContent.jsp?ct=DL&os=&category=&moid=1800277&rpn=PSAF3U&modelFilter=A200-ST2043&selCategory=3&selFamily=1073768663

  3. yg jelas donk gan.. jangan setengah2 donk penjelasanya.. binggung nih.. laptop a135 saya sekarang kondisi matot soalnya..

    1. setengah gimana mas?coba ikuti langkah link yang ada ada di atas. mati total beda dengan bios error. mati total, power/charger tidak masuk ke board. bios error/corrupt, board bisa dihidup tetapi tidak bisa melakukan POST. ciri biasanya CD/DVDR menyala blinking tanpa ada beep error seperti memori/VGa. cek dahulu charger lalu konektor charger ke board. perhatikan juga indikator adanya komponen yang ke bakar/tidak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s