Windows Live Writer: Solusi Offline Blog

Om Bobo punya teman yang gemar fotografi. Namanya Tri Prasetyo. Bagi yang berminat bisa menghubungi lewat blognya. Web sudah ada.

Mas Tri mau minta ajar bagaimana cara menulis, upload dan edit blog secara offline (sebetulnya atas rekomen Om Bobo juga ya….).

Menurut Om Bobo, solusi atas hal itu adalah Windows Live Writer.

WLW Windows Live Writer (WLW). WLW merupakan alat untuk menulis blog secara offline dan dapat di publikasikan kapan saja saat kita online. WLW mendukung beberapa layanan blog, seperti WordPress, Blogger, Windows Live dan sebagainya. Bagi yang berminat, silahkan unduh Download WLW.

Persyaratan komputer atau CPU yang di minta dapat di lihat System Requirements WLW.

Setelah di unduh, installasi WLW berlangsung saat online. Jadi, WLW sebaiknya digunakan pada komputer/laptop pribadi bukan di komputer warnet. Saat proses installasi, tunggu sampai selesai. Untuk memudahkan dan mempercepat installasi, sebaiknya install dahulu Silverlight 3 dan Net3/3.5. Karena saat instalasi, Net3/3.5 – Cari di sini dan Silverlight 3 ikut terinstal. Jika keduanya sudah terinstall dahulu, maka keduanya tidak ikut di install.

Terdapat pilihan installasi: Messenger, Mail, Writer, Photo Gallery, Movie Maker, Family Safety dan Toolbar. Om Bobo hanya memilih Writer (yang diperlukan hanya itu – bagi Om Bobo). Setelah selesai, kita diminta untuk sign up Windows Live Blog atau tidak. Jika kita belum punya blog dan ingin menulis di Windows Live, tinggal klik saja dan ikuti langkahnya.

Setelah itu jalankan WLW dari start menu. Pada awalnya kita akan disuguhi halaman ini:

Halaman pertama setelah selesai instal WLWOm Bobo pilih Other blog karena sudah mempunyai blog. Langkah selanjutnya tinggal mengisi alamat blog kita, username dan password. Selesai…

Untuk memperkaya dan memudahkan kita dalam menulis, Om Bobo menyarankan untuk menambah plugins. Bisa di dapat Plugins WLW. Pilihlah plugins yang sesuai dengan kebutuhan saja…Sekali lagi, pastikan net3/3.5 terinstall karena ada beberapa plugins yang membutuhkannya.

Jika setelah selesai install ternyata WLW tidak bisa dijalankan, ada beberapa penyebabnya: kita memilih opsi Already have Windows Live ID’s (saat Publish, pasti minta ID Windows Live meskipun ID blog kita sudah dimasukkan), persyaratan tidak dipenuhi. Untuk itu, reinstall WLW dengan pilihan bahasa lain (awal English, diganti Indonesia) atau versi lain dari WLW…

2 thoughts on “Windows Live Writer: Solusi Offline Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s