Biostar NF61S Micro 754 Ver. 6.x: Mati Mendadak

Datang kali ini CPU milik Mas Iwan UNY. Spesifikasi yang dimiliki: AMD Sempron 2800+ soket 754, Biostar NF61S Micro 754, Memori PC3200 512Mb x2 (Visipro dan Apacer), 80 Gb Seagate, LG CDRom, Standar PSU.

Mas Iwan mengatakan bahwa komputer mati mendadak saat mau logon. Yups..mati mendadak (jantung attack..)…smile_teethsmile_teeth….

Pertama kali yang Om Bobo tahu adalah: bahwa saat pertama kali di hidupkan, terdengar beep pendek dan sering. Nah slot memori dan memori, Om Bobo bersihkan. Lalu pasang kembali dan dihidupkan. Lancar. Kompie booting normal, tidak ada gejala gagal power, gagal PSU.

Tetapi, saat mau logon, mati mendadak. PSU terputus langsung tanpa ada konfirmasi sedikitpun seperti BSOD atau beep. Wah, bongkar total nih…dan hidupkan di luar case…hasilnya: sama saja!

Om Bobo cobakan memori lainnya, juga sama saja kejadiaannya: mati langsung saat mau logon. Processor diganti pun sama saja. Pakai Hirens, dan pilih Mini Windows….kok sama ya? Om Bobo pikir hal ini dikarenakan permasalahan hardware board bisa USB, audio, VGA onboard, port, virus, HDD dan sebagainya. Lengkapnya silahkan baca di Microsoft Website atau salah satunya di Website ini.

Nah…Om Bobo coba pake HDD lain juga sama. HDD Om Bobo scan tidak menemukan virus. Memakai cek disk juga tidak menemukan adanya error/ bad sektor…Hanya hampir satu yang terlewatkan: beberapa kapasitor di dekat processor mengeluarkan buih kering!!! ini pun masih kemungkinan.

Coba Om Bobo update bios. Akhirnya bisa masuk windows dengan catatan: baterei bios dan jumper bios di lepas dengan harapan awal, board mau load safe bios. Setelah masuk dan unduh Bios NF61S Micro 754 ini, bios terupdate tanpa ada masalah. Langsung mulailah proses installasi.

NF61S

Install OS XP SP2 lancar tanpa masalah sampai desktop (bios default). Installasi Driver melalui proses update. Setelah selesai, restart. Hasilnya….? Mati lagi!!!! Clean install lagi dan melihat driver/ hardware apa saja yang membuat masalah. Setelah di amati, setelah sound terinstall, kompie mati langsung juga. Hal ini berlaku juga untuk LAN, USB. Tetapi jika dalam kondisi standar – habis install ulang dan belum diberi driver apapun juga – kompie ok-ok saja, hanya USB yang membuat masalah…(untuk USB, walaupun di bios disable, ketika flashdisk di colokkan, kompie mati juga)Jadi..? Ada kemungkinan kerusakan dari chipset di karenakan rusaknya beberapa komponen transistor sehingga windows gagal untuk load driver dan service saat logon….Silahkan baca mengenai Southbridge dan Northbridge untuk mengetahui pengaturan keduanya terhadap hardware dan kerusakan yang mungkin terjadi….Untuk saat ini: ganti mobo….maaf Mas Iwan..smile_confused

4 thoughts on “Biostar NF61S Micro 754 Ver. 6.x: Mati Mendadak

  1. wah info yang sangat bermanfaat, makasih, saya juga mengalami hal yang sama dan mainboard yang sama, belum menemukan penyelesaiannya lagi ya mas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s