Printer Canon IP1980: Paper Jam

      Printer Canon IP1980 datang setelah di isi ulang sendiri oleh pemiliknya, Mas Constantin. Merasa terganggu dengan kejadian yang terjadi berulang-ulang seperti paper jam, peringatan level tinta yang salah sampai blinking.

Cartridge yang digunakan bertipe PG40 dan CL41, masing-masing untuk hitam dan warna. Untuk printer driver OS XP bisa di dapat di sini.

IP1980 Spesifikasi lengkapnya di sini.

      Mengapa setelah isi ulang bisa terjadi level tinta tidak sesuai antara konfirmasi di layar monitor dengan cartridge itu sendiri, hal ini disebabkan cartridge sudah pernah diisi ulang. Hal ini wajar adanya. Canon menghendaki bahwa tinta habis, cartridge diganti. Maka terdapat konfirmasi ini. Hal ini dapat dilupakan saja. Yang perlu dicermati, saat isi tinta selanjutnya, dipastikan dahulu bahwa tinta benar-benar habis dengan melihat hasil print. Untuk kejadian paper jam biasanya dikarenakan kertas pada tray terlalu banyak dan ada sebagian yang saling rekat sehingga saat printer bekerja, ada beberapa kertas yang tertarik dengan tidak sempurna dan ada sesuatu yang mengganjal jalannya kertas pada roller.

     Nah, selidik punya selidik, Mas Constantine ni habis tinta saat mau ngeprint, diisi ulang sendiri, gagal terdeteksi (blinking). Om Bobo perhatikan dari sebelah depan, tidak ada sesuatu yang mengganggu, sisa kertas tertarik paksa, roller, gerigi yang agak mencuat, pokoknya sempurna. Karena kurang yakin, Canon IP1980, Om Bobo bongkar bagian atasnya saja. Lebih mudah melihat keanehan printer jika dari bagian atas. Om Bobo perhatikan dengan seksama…dan tertuju pada sesuatu yang mengkilap, terletak di bawah roller di belakang gerigi….dengan bantuan jarum, Om Bobo mencoba mengeluarkan hal mengkilap ini. Eh berhasil….kecoa mati! Pantesan cartridge tidak mau bergerak dan terdapat peringatan bahwa paper jam.

     Setelah dikeluarkan dan dibersihkan, langsung di cobakan. Memang printer tidak mengenali adanya cartridge terisi ulang tetapi kejadian paper jam sudah berhasil di atasi. Tinggal menyelesaikan masalah cartridge tidak dikenali. Sila baca cara isi ulang dan nasalahnya di blog ini juga.

Nah, sebetulnya, kejadian sederhana/rumit memerlukan perhatian sederhana dahulu sebelum kita memikirkan penyebab yang lebih rumit. Cek kondisi fisik printer baru dilakukan penangan secara software. Jangan software dulu baru penanganan fisik

4 thoughts on “Printer Canon IP1980: Paper Jam

    1. biarkan mati untuk beberapa jam atau satu harian. hidupkan tekan resum dan siapkan beberapa kertas kosong untuk print tes.

    1. kalo OB: biarkan beberpa saat dengan mencabut semua USB dan kabel power, lalu nyalakan dengan terlebih dahulu menyiapkan beberapa lembar kertas kosong. Lalu tekan tombol resume. Sebelumnya jika masih ada kertas, cabut dari arah belakang (atas, posisi printer off) dengan hati-hati. Singkirkan kertas jika masih tersisa dari dalam printer.

Leave a comment